Fasilitas dan Pelayanan

Fasilitas
Ruang Laboratorium Bahasa

Membantu mahasiswa dalam peningkatan kemampuan berbahasa asing terjadi secara signifikan melalui simulasi oleh pengarahan materi secara individu maupun kelompok, materi oleh mahasiswa sendiri, percakapan (conversation) berpasangan ataupun berkelompok, Text to Speech dan lain-lain. IT Del memiliki Laboratorium bahasa yang dapat menunjang keberlangsungan pembelajaran bahasa secara khusus Bahasa Inggris di lingkungan IT Del. Fasilitas ini disediakan untuk:

  • Sebagai ruang rapat bagi dosen
  • Mahasiswa yang sedang mengadakan acara seperti DEC (Del English Club)
  • Ruangan saat mahasiswa melaksanakan sidang, presentasi proyek, dll

Adapun fasilitas yang disediakan adalah:

  • 1 unit PC yang dikhususkan dipakai oleh operator
  • Headphone sebanyak 10 buah
  • 1 buah proyektor
  • Meja dan kursi
Ruang Laboratorium Manajemen Rekayasa

Merupakan ruang yang disediakan untuk mendukung mahasiswa melakukan praktikum mata kuliah tertentu sehubungan dengan jurusan. Mahasiswa juga tidak sekedar hanya melakukan praktikum di kampus, namun juga praktikum secara langsung ke pabrik di sekitar IT Del yaitu PT Hutahaean. Kemudian kunjungan-kunjungan intensif ke perusahaan yang mendukung mata kuliah. Hal ini ditujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa di bidangnya.

Ruang Laboratorium Fisika Dasar

Tempat riset ilmiah, eksperimen, atau pengukuran yang tersedia untuk membantu mahasiswa dalam praktikum mata kuliah Fisika Dasar mahasiswa tingkat pertama.

Fasilitas Olahraga

Selain fasilitas untuk keperluan proses belajar mengajar, IT Del juga menyediakan sarana hiburan dan olahraga bagi warga kampus IT Del. Sarana ini dimaksudkan sebagai media untuk menghilangkan kejenuhan dari kegiatan sehari-hari di IT Del. Sarana olahraga yang disediakan adalah fasilitas olahraga basket, futsal, volly, badminton, tenis meja, jogging track dan meja biliard. Secara berkala, dilakukan kegiatan olahraga bersama seperti volley, futsal dan basket.

Fasilitas Seni

IT Del juga menyediakan sarana hiburan dan fasilitas kesenian yang dapat digunakan seperti drum, gitar, organ, keyboard dan gondang. Mahasiswa IT Del secara berkala menggunakan alat musik ini untuk berlatih dan mengasah kemampuan mereka. Mereka juga aktif menampilkan permainan musik pada cara wisuda, acara perayaan natal, paskah dan hiburan lainnya.

Mahasiswa IT Del juga aktif berlatih dan menggunakan alat musik dalam Paduan Suara yang sering ditunjukkan pada wisuda, acara keagamaan dan hiburan lainnya. Pada bulan Juli, Paduan Suara Mahasiswa IT Del mengukiti kompetisi paduan suara internasional yaitu North Sumatera International Choir, dan meraih medali emas (Kategori Folklore) dan medali perak (Kategori Female)

Fasilitas Transportasi

IT Del memiliki kendaraan untuk digunakan operasional baik digunakan dalam rangka promosi, kunjungan pada pertemuan dengan pihak pemerintah dan swasta juga dalam rangka operasional sehari-hari mahasiswa. Beberapa kendaraan mobil yang dimiliki oleh IT Del adalah :

  • Kendaraan mobil Kijang Innova untuk opersional dosen, promosi dan rektor (sebanyak 3 unit)
  • Kendaraan bis besar yang dapat menampung sekitar 25 orang (sebanyak 2 unit)
  • Kendaraan truk Perkasa yang sehari hari digunakan untuk mengantar mahasiswa dari asrama dan kampus
  • Kendaraan pengangkut sampah sebagai sarana pendukung kebersihan di lingkungan IT Del
Layanan
Perwalian

Perwalian  dilakukan  rutin  setiap  semester  sekurang-kurangnya  4  pertemuan  tatap  muka intensif (awal semester, sebelum UTS, setelah UTS, sebelum UAS) selama 30 menit – 1 jam per mahasiswa atau beberapa mahasiswa secara bersama-sama selama 1-2 jam. Pada pertemuan tersebut mahasiswa diberikan  motivasi  ataupun bantuan bagi mahasiswa yang mengalami masalah akademik ataupun non-akademik. Dalam perwalian, dosen wali membimbing mahasiswa dalam menentukan mata kuliah dan SKS yang akan diikuti oleh mahasiswa setiap semester.

Hasilnya adalah mahasiswa dapat menyampaikan permasalahan dan strategi dalam mengikuti pelaksanaan perkuliahan, dapat menentukan beban SKS dan mata kuliah per semester serta mendapat bantuan akademik dan non-akademik dari dosen wali.

Minat dan Bakat (Ekstrakurikuler)

Pengembangan minat dan bakat mahasiswa banyak dilakukan melalui:

  1. Kegiatan kemahasiswaan di IT Del diwadahi dalam berbagai unit organisasi mahasiswa, yaitu: Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) IT Del, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa atau Klub, seperti: Klub Programming, Klub Robotik, Del English Club, Del Cyber Army, Paduan Suara Mahasiswa, Paduan Gitar Mahasiswa, Klub Drama dan Tari, Klub Sepakbola, Klub Basket, Klub Usaha, Klub Kesehatan, Komunitas Pecinta Alam, Klub Android. IT Del menyediakan berbagai fasilitas dan sarana untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa, yaitu auditorium, dan open theatre untuk melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler.
  2. Pengiriman mahasiswa untuk mengikuti seminar atau pelatihan kepemimpinan.
  3. Pengiriman mahasiswa untuk mengikuti kompetisi lokal, regional, nasional, maupun internasional.
  4. Mengadakan seminar atau pelatihan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Rekayasa (Himamera).

Hasilnya adalah mahasiswa mempunyai wadah dalam mengembangkan minat dan potensinya, jumlah kegiatan kemahasiswaan meningkat, keikutsertaan mahasiswa dalam kompetisi meningkat dan mahasiswa juga meningkatkan prestasi akademiknya.

Beasiswa

Untuk memotivasi mahasiswa dalam meningkatkan & mempertahankan prestasi akademiknya serta  membantu  mahasiswa  yang  kurang  mampu  dari  segi  ekonomi  maka  diberikanlah beasiswa. Terdapat 2 bentuk beasiswa, yaitu:

Beasiswa Internal

  1. Beasiswa Prestasi adalah beasiswa diberikan pada satu semester berupa subsidi SPP atau biaya bursar lainnya, yang besarnya tergantung dari NR (nilai Rata-rata) dan atau Indeks Prestasi Sementara (IPS) yang dicapainya pada satu semester sebelumnya.
  2. Beasiswa “Best Performance” diberikan pada Semester Ganjil tahun ajaran baru bagi mahasiswa yang memperoleh anugerah “Best performance” pada Perayaan Inaugurasi, Dies Natalis dan Wisuda IT Del.
  3. Beasiswa Potensi Cum Laude diberikan bagi mahasiswa yang berpotensi Cum Laude agar dapat mempertahankan prestasinya sampai mencapai predikat kelulusan Cum Laude.
  4. Beasiswa Ekonomi adalah beasiswa ini diberikan untuk menjangkau mahasiswa IT Del yang cerdas dan pekerja keras terutama yang tidak ditunjang oleh keadaan ekonomi yang memadai.

Beasiswa Eksternal

  1. PPA  dan  BPP  adalah  beasiswa  yang  diberikan  oleh  pemerintah  melalui  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa penerima baik kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler serta motivasi berprestasi bagi mahasiswa lain dan mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah karena tidak mampu membiayai pendidikan serta meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Besarnya harga satuan Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan adalah Rp 350.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per bulan per mahasiswa.
  2. Beasiswa Rajawali Foundation: Beasiswa ini diberikan karena adanya kerjasama IT Del dengan Rajawali Foundation dalam membantu dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang tidak ditunjang oleh keadaan ekonomi yang memadai.
  3. Beasiswa Tanoto Foundation adalah diberikan kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi mitra Tanoto Foundation (IT Del).
  4. Beasiswa Alumni : Beasiswa ini diberikan para Alumni yang tergabung ke dalam IA Del Charity untuk membantu meringankan perkuliahan adik-adik mahasiswa/i Del yang kurang mampu secara ekonomi.
  5. Beasiswa INALUM: beasiswa ini diberikan karena adanya kerjasama IT Del dengan PT Indonesia Asahan  Aluminium  (Inalum)  dalam  bidang  pengembangan  program pendidikan.

Hasil dari pemberian beasiswa ini adalah:

  1. Membantu mahasiswa yang tidak mampu dalam ekonomi tetap kuliah di IT Del.
  2. Mahasiswa semakin termotivasi meningkatkan prestasi akademik dengan adanya pemberian beasiswa prestasi dan beasiswa ikatan
Kesehatan
  1. Test kesehatan oleh dokter kampus kepada calon mahasiswa IT Del.
  2. Keberadaan Klinik Del yang sudah terakreditasi sebagai tempat untuk memberikan pelayanan/perawatan kesehatan yang tidak terlalu berat dan media bagi pada civitas akademika dalam tindakan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan).
  3. Ketersediaan ruang periksa dan ruang tindakan yang memadai sebagai fasilitas kesehatan